Kolom Tech, Mesin & Mekanika

Mekanika dan Material, Selayang Pandang

8 August 2009 1,665 views penulis: Print This Post Print This Post

018Mekanika atau mechanics, termasuk cabang ilmu yang paling tua, jauh sebelum Newton apalagi Einstein hadir dan meletakkan dasar-dasar mekanika klasik dan kuantum seperti yang kita kenal sekarang. Sejarah merekam penggunaan prinsip-prinsip mekanika telah dimulai ribuan tahun sebelum Masehi, dan secara teoritik telah dirintis oleh Archimedes, 200 an tahun sebelum kelahiran Nabi Isa. Sejak revolusi industri, mekanika telah menjadi ilmu yang berkembang sangat pesat dan langsung bersentuhan dengan kehidupan manusia. Mesin uap James Watt, dan kemudian pesawat terbang Wright bersaudara, hanyalah  dua contoh penemuan besar yang bertumpu pada ilmu mekanika.

Ilmu tentang material, dalam terminologi ilmiah terbagi dua menjadi teknik material (material engineering) dan ilmu material (material science), barangkali memiliki sejarah yang lebih panjang daripada mekanika. Meski kita sangat mengenal istilah stone age, bronze age, dan steel age, sebenarnya manusia telah mulai bermain dengan ilmu material ketika berhasil membuat tanah liat yang keras bila terjemur matahari, yang menjadi dasar pembuatan keramik. Ilmu material mengalami lompatan besar ketika manusia berhasil mengerti banyak hal dari logam, yang kemudian menghasilkan ilmu metalurgi. Setelah kejayaan ilmu tentang logam, ilmu material memasuki babak baru dengan ditemukannya polimer dan semikonduktor. Selanjutnya ilmu biomaterial menjadi bintang penelitian sebelum munculnya istilah nanomaterial yang lalu menyita perhatian para peneliti dan praktisi material seluruh dunia.

177Mekanika dan material memiliki irisan yang sangat kuat di bidang mekanika material atau mekanika bahan (mechanics of material, solid menchanics, failure mechanics, dan yang sejenisnya). Di bidang ini, prinsip-prinsip gaya, regangan dan tegangan sebagai warisan ilmu mekanik dipadukan dengan pengetahuan mengenai ikatan antar atom sebagai ciri khas ilmu material, dipakai untuk menjelaskan sifat-sifat mekanik suatu bahan. Kita barangkali pernah mendengar istilah Young modulus, hardness, yield stress, fracture toughness, ductile dan brittle. Semua istilah ini digunakan untuk menjelaskan sifat-sifat mekanik suatu bahan dan merupakan hasil perpaduan ilmu mekanika dan material.

Hampir seluruh produk teknologi yang ada disekitar tidak bisa dilepaskan dari mekanika dan material. Lihatlah mobil yang anda pakai, pesawat yang anda tumpangi, handphone yang senantiasa menemani anda, bahkan keyboard yang ada di hadapan anda, semuanya didisain dengan porsi pertimbangan mekanika dan material yang besar. Kemajuan teknologi informasi terutama dari sisi perangkat keras pun tidak akan tercapai tanpa kemajuan besar di bidang material semikonduktor. Sebagai timbal balik, dewasa ini teknologi komputasi memiliki peranan besar dalam mendukung pengembangan aplikasi mekanika dan material.

Dalam menghadapi era teknologi yang semakin maju dan persaingan antar negara yang semakin ketat, sumber daya di bidang-bidang strategis, di antaranya mekanika dan material, adalah hal yang niscaya. Hampir semua negara maju di bidang teknologi berinvestasi yang besar di bidang-bidang ini. Bahkan kuncinya adalah, mempopulerkan bidang-bidang tersebut sehingga tidak menjadi konsumsi elit universitas dan peneliti saja. Sebagai contoh di Jepang, bidang studi mechanics of material (mekanika bahan) menjadi bahan pelajaran setiap pegawai yang terlibat di dunia manufaktur, baik dia seorang teknisi maupun salesman.

Dengan semangat mempopulerkan mekanika dan material ini pula, kami berharap situs Infometrik.Com menjadi media yang bisa menyajikannya dengan bahasa populer dan mudah dimengerti oleh siapa saja yang tertarik dengan mekanika dan material. Tentu saja tanpa kerja bersama-sama, hal tersebut tidak akan terwujud. Mari memulai langkah, dengan mengirimkan satu artikel ke Infometrik.Com hari ini.

Salam
Azhari Sastranegara



Daftarkan di social page berikut (klik untuk submit):



3 Comments »

  • Kanagawaman said:

    Menarik sekali tulisannya tentang material dan mekanik.
    Ke depannya apakah pembagian jurusan masih relevan, mengingat semakin banyaknya crosslink antar disiplin ilmu?

  • Roberta Adjiviantoro said:

    Semoga ke depannya majalah online ini banyak bermanfaat, khususnya bagi mahasiswa teknik mesin seperti saya

  • Mekanika dan Material, Selayang Pandang « fahrimuhammad said:

    […] : http:www.infometrik.com/2009/08/mekanika-dan-material-selayang-pandang///ww Share […]

Tuliskan komentar anda!

You must be logged in to post a comment.