Komentar

Prof.Anung Kusnowo: Selamat Berkarya Infometrik!

8 August 2009 306 views penulis: Print This Post Print This Post

writingKami menyambut baik terbitnya situs www.infometrik.com, majalah online untuk para mahasiswa, sarjana maupun tenaga-tenaga ahli bidang otomotif, material dan bidang-bidang terkait lainnya, khususnya yg saat ini sedang berada di Jepang. Mudah-mudahan media ini bukan hanya berfungsi sebagai tempat tukar-menukar informasi akademik, tetapi juga sarana silaturrahim dan untuk saling mengingatkan tugas kita sebagai calon-calon intelektual  yang karyanya bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Zaman ini, tantangan makin beragam, kompetisi teknologi makin tajam, bangsa kita memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang cerdas, harus siap bersaing dan didukung karakter yg kuat, khususnya rasa nasionalisme tinggi. Para SDM kita harus selalu ingat bahwa ilmu dan teknologi yg dikuasainya adalah untuk kemaslahatan bangsa dan negara. Jepang adalah salah satu contoh negara yg mempunyai semangat tinggi dalam memanfaatkan sebaik-baiknya SDM untuk kemajuan bangsanya. Meskipun sumber daya alam (SDA) Jepang relatif kurang dibanding Indonesia, tetapi dengan SDM yg berkualitas tinggi, negara Jepang telah berhasil menduduki posisi yg sangat kuat dan terhormat dimata dunia. Ini semua dimulai dari zaman Meiji, yang dikenal dengan program Restorasi Meiji, dua ratusan tahun yang lalu, dimana ribuan sarjana Jepang dikirim ke negara-negara Barat yang saat itu dianggap mempunyai teknologi maju.

Pada era Habibie, Indonesia pernah melaksanakan pengiriman dalam sekala besar sarjana-sarjana ke luar negeri, termasuk Jepang.  Sayang sekali, tidak semuanya bersedia pulang lalu mendarmabaktikan ilmunya di Indonesia.  Situs ini, mungkin  bermanfaat untuk saling tukar pendapat tentang hal ini. Di media Indonesia , akhir-akhir ini ramai dibicarakan tentang banyaknya peneliti Indonesia yang bekerja di LN.

Selama Indonesia hanya menjadi pasar bagi produk negara lain, lebih suka menjadi pedagang dibanding produsen, menjual murah hasil-hasil SDA dan tidak  mampu atau mau memprosesnya sendiri, selama itu pula negara kita akan menjadi subordinat negara lain. Di tangan generasi muda , termasuk mereka yang saat ini sedang mencari ilmu di Jepang, Amerika dan negara maju lainnya, masa depan bangsa berada.

Putera-putera Indonesia , dalam bidang ilmu dan teknologi, tidak kalah bersaing dengan negara-negara lain.  Banyak bukti tentang ini, dalam berbagaui event seperti Olimpiade Fisika, Kimia, dan Matematika, anak-anak Indonesia mampu bersaing dengan baik, bahkan mampu meraih tempat terhormat.
Akhir kata, semoga media ini dapat berkembang dengan baik dan memberikan sumbangsih yang nyata pada bangsa dan negara.

Salam

Anung Kusnowo.

—————————

*Prof. Dr.Anung Kusnowo, APU.

Beliau adalah salah seorang dari tidak banyak ilmuwan fisika murni Indonesia, dan juga pemegang gelar Professor Riset sebagai bukti pengakuan dunia ilmiah Indonesia. Pernah menempati berbagai posisi penting terkait dengan keilmuan dan kepakaran beliau. Antara lain pernah menjadi Ketua Himpunan Fisika Indonesia tingkat pusat dan Deputi Ketua LIPI bidang Sains dan Teknologi.  Terakhir beliau berkantor di Pusat Penelitian Fisika, Serpong. (Redaksi)



Daftarkan di social page berikut (klik untuk submit):



Tuliskan komentar anda!

You must be logged in to post a comment.