Aplikasi Teknologi, Mesin & Mekanika, Otomotif

Dari Bandul ke Honda U3-X

29 September 2009 569 views penulis: Rodiyan Gibran Sentanu Print This Post Print This Post

Kali ini Honda kembali unjuk gigi. Setelah memimpin dunia robot bipod alias dua kaki dengan ASIMO-nya, kali ini Honda memunculkan kendaraan masa depan versi Honda. Ya, ia adalah Honda U3-X.

image001Honda U3-X adalah kendaraan roda 1 yang geraknya dikendalikan oleh Pusat Massa gabungan antara U3-X sendiri dan pengendaranya. Prinsip dasarnya adalah menggunakan teori 逆振り子[gyaku-furiko] atau 倒立振子[touritsu furiko] alias bandul terbalik seperti di samping. Menurut press conference yang dilakukan pihak Honda, 24 September 2009, teknologi ini pada awalnya sudah diterapkan pada robot ASIMO untuk penyeimbang badan ketika berdiri dengan 1 kaki.

Bentuk dari U3-X pun sangat sederhana. Desain sengaja dibuat kecil dengan ukuran 3 dimensi 315 x 160 x 650 (mm) sehingga pas untuk masuk di antara 2 kaki manusia. Ketinggiannya pun diatur agar sama dengan tinggi ketika berjalan. Hal ini dilakukan demi memudahkan para pengguna. Lalu yang paling penting, di zaman krisis energi seperti sekarang, salah satu kehebatan U3-X terletak pada sumber penggeraknya. U3-X digerakkan hanya dengan menggunakan baterai Lithium-Ion dan memiliki waktu bergerak total 1 jam ketika baterai dalam kondisi penuh. Massa keseluruhan pun tidak lebih dari 10 Kg sehingga bisa di bawa dengan tangan kosong.

Gambar di kiri bawah menunjukkan U3-X dalam kondisi dilipat sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana. Sedangkan gambar di kanan bawah menunjukkan U3-X ketika sedang digunakan.

orangduduk

HOT Drive System

Hot Drive System adalah kepanjangan dari Honda Omni Traction Drive System dan dalam bahasa Jepang disebut 全方位駆動車輪機構 (zenho-i kudo- syarin kiko-). Sistem ini pada dasarnya menggabungkan dua macam roda, yaitu roda kecil dan roda besar. Roda kecil digunakan untuk bergerak ke arah kanan dan kiri, sedangkan roda besar digunakan untuk bergerak ke arah depan dan belakang. Lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah.

image007

Sekian banyak roda kecil dipasang mengelilingi garis keliling roda besar. Dengan begitu, memutar roda besar dan roda kecil secara bersamaan menjadi bisa dilakukan. Dengan sistem ini, U3-X bisa bergerak bebas ke segala arah tanpa batas.

Cara mengendalikannya pun tergolong mudah. Hanya dengan sedikit memiringkan badan, detektor keseimbangan yang terpasang di dalam U3-X akan mendeteksi letak Pusat Massa gabungan U3-X dengan pengendara, lalu program di dalam U3-X akan menghitung berapa besar dan ke mana arah percepatan yang dibutuhkan, kemudian mengeluarkan perintah ke motor yang terdapat di roda besar dan roda kecil.

Menurut informasi yang dikeluarkan oleh pihak HONDA, U3-X akan muncul kembali pada 24 Oktober 2009 di Tokyo Motor Show ke 41 di Tokyo.

Ket.

Tulisan ini dipasang di blog pribadi



Daftarkan di social page berikut (klik untuk submit):



Tuliskan komentar anda!

You must be logged in to post a comment.