Aplikasi Teknologi, News

Robot Penuntun yang Pintar

24 November 2009 506 views penulis: Infometrik Print This Post Print This Post
Robot penuntun yang bisa menghindari benda penghalang

Gbr.1 Robot penuntun yang bisa menghindari benda penghalang

Perusahaan pembuat komponen mesin yang lebih terkenal dengan produksi bearingnya, NSK, mengumumkan proyek pengembangan robot yang bisa menuntun manusia sambil menghindari bermacam rintangan. Proyek ini sudah pada taraf pembuatan prototipe dan akan dipamerkan pada Pameran Robot Internasional 2009 yang akan diadakan di Tokyo Bigsite, 25-28 November pekan ini.

Robot ini (Gbr.1) merupakan tipe beroda (wheeled robot) dan diproyeksikan sebagai cikal bakal pengganti anjing penuntun atau kursi roda konvensional di masa depan. Robot ini dilengkapi dengan sensor laser yang mendeteksi jarak dengan bermacam benda penghalang yang ada di sekitarnya. Dari informasi posisi dan jarak benda penghalang yang diterima, robot menghitung tenaga yang diperlukan untuk menghindar dan melewati rintangan tersebut, dan memilih alternatif yang paling ringan. Dengan cara ini, si robot dapat melewati rintangan sambil menuntun majikannya (Gbr.2, 3).

Gbr.2 Informasi sekitar didapat dari sensor laser

Gbr.2 Informasi sekitar didapat dari sensor laser

Perintah dikirimkan kepada si robot dengan menggunakan grip (Gbr.4). Input tenaga dan arah yang diberikan pada grip ini membuat robot dapat menentukan arah dan kecepatan yang harus dikeluarkannya. Hal ini memungkinkan pengguna robot untuk menuju arah yang diinginkan dengan kecepatan tertentu, sambil menghindari rintangan yang ada di jalan.

Pengaruh perbedaan gerakan relatif antara robot dan pengguna diminimalisir dengan program komputer sehingga perintah dapat dilaksanakan dengan presisi tinggi oleh si robot. Hal ini memungkinkan robot berhenti dan bergerak secara mulus tanpa hentakan. 2 roda yang independen dan konstruksi caster yang dapat memanjang dan memendek secara aktif memungkinkan robot dapat melalui track yang menanjak ataupun track yang bergelombang (Gbr.5)

Bila selama ini anda melihat robot-robot penuntun hanya di film-film science fiction saja, mungkin tidak lama lagi anda bisa melihatnya dijual di etalase toko elektronik di kota anda! (source: techon.nikkeibp.co.jp)

Gbr 3. Sensor robot menghitung tenaga yang harus dikeluarkan untuk melewati rintangan

Gbr 3. Sensor robot menghitung tenaga yang harus dikeluarkan untuk melewati rintangan

Gbr 4. Grip untuk memberi perintah

Gbr 4. Grip untuk memberi perintah

Gbr 5. Konstruksi caster yang fleksibel dan aktif

Gbr 5. Konstruksi caster yang fleksibel dan aktif



Daftarkan di social page berikut (klik untuk submit):



One Comment »

  • dhani27 said:

    wahhhh keren bgt dachh tuchhh

    sukses ajh dachhh
    hehe

Tuliskan komentar anda!

You must be logged in to post a comment.