Featured, Otomotif, Reportase

Dari TOKYO MOTOR SHOW 2009 (2/2)

5 December 2009 400 views penulis: Baharuddin Maghfuri Print This Post Print This Post

(sambungan dari bagian pertama )

The luxury vehicle division milik Toyota Corp., Lexus juga menghiasi booth mereka dengan konsep-konsep supercar khas mereka. Namun sama dengan Toyota, konsep-konsep yang ditampilkan Lexus bukan konsep yang benar-benar baru, hanya saja desain body dan interior mereka memang memukau. Terutama konsep supercar LFA dan LF-Ch yang sangat sporty, mirip dengan mobil-mobil di film fiksi ilmiah.

Khusus untuk LFA, Lexus bahkan membanggakan LFA dengan mesin 4.8 liter V-10 nya akan menjadi mobil paling powerful sepanjang sejarah otomotif. Kami sempat terkejut ketika tahu bahwa selain konsep off the road, LFA ini juga ditampilkan dalam versi tranparan, dibuat dari akrilik oleh seorang Arsitek Jepang, Sosuke Fujimoto.

Mitsubishi, Nissan, Mazda dan Subaru pun tak mau kalah dari rival-rival besar mereka.Tahun ini Subaru membanggakan konsep mobil hibrida kelas atas berpintu gullwing, Subaru Hybrid Tourer Concept. Di bawah kabin mobil dengan mesin symmetrical all-wheel-drive yang memberi kesan imajinatif saat dipandang ini, Subaru meletakkan 2 buah motor elektrik. Sementara itu, Mazda maju dengan konsep Mazda Kiyora yang sempat mengguncang Paris Auto Show 2008.

image020 image022
Lexus LFA on the road Model transparan Lexus LFA

image024image026

Subaru Tourer Concept dan Mazda Kiyora Concept

Lain lagi dengan Mitsubishi Motors. Mereka memberi kesempatan kepada pengunjung untuk mencoba menaiki hampir semua mobil, termasuk konsep mobil-mobil masa depan. Hanya jagoan mereka, Mitsubishi Concept PX MiEV saja yang ditahan di panggung. Dengan body yang dimodifikasi dari kakaknya, Mitsubishi Pajero, Mitsubishi membangggakan sistem series hybrid mode di mana mobil ini bisa membangkitkan listrik dari energinya ketika berlari di jalanan.

image028image030

Mitsubishi Concept PX MiEV

Kami tak puas begitu saja di bagian mobil. Di bagian motor, ada Yamaha sebagai penempat space paling luas dan ada juga merk asing seperti Kymco dan Harley Davidson.Di booth Yamaha, selain motor balap MotoGP “Sweet” milik Valentino Rossi, YZR M1, ada juga motor immortal, Yamaha SR yang merayakan 30 tahun produksinya sejak 1978 dan juga motor trail Yamaha Super Tenere yang dibungkus body dari kain.

image032 image034

image036

Motor “abadi“ Yamaha SR bersanding dengan motor balap YZR M1 dan Super Tenere (bawah)

Tak hanya itu, Yamaha juga menampilkan beberapa model baru terutama dari sepeda listrik, yaitu Yamaha EC-f/EC-fs yang berbentuk X dan juga beberapa sepeda listrik lain.

image038

Yamaha EC-f

Sebelum kami pulang, kami menyempatkan diri untuk mengunjungi booth Car of The Year Japan Special 30th Anniversary Exhibition, dan tahun ini, penghargaan Car of The Year jatuh kepada generasi ketiga Toyota Prius, mobil hybrid yang sangat laris di negeri sakura namun ironisnya kurang begitu laku di Eropa karena kalah bersaing dengan Honda dan Ford. Perlu diketahui, mobil hybrid ini sempat menjadi jagoan Toyota dalam Tokyo Motor Show 1995.

image040

Penulis bersama Car of The Year Japan 2009: Toyota Prius

(habis)



Daftarkan di social page berikut (klik untuk submit):



One Comment »

  • Bagus Setiadi said:

    Terima kasih informasinya.
    Foto-fotonya bagus

Tuliskan komentar anda!

You must be logged in to post a comment.