Motivasi

Sukses Adalah Hak Kita Semua

6 April 2011 651 views penulis: Wawan Setyawan Print This Post Print This Post

Pernahkah Anda mendengar sebuah kalimat bijak, “You don’t think who you are, you are what you think”? Kalau dijabarkan secara harafiah, hal ini berarti kita tidak perlu berpikir siapa kita, namun kitalah yang menentukan diri kita dengan apa yang kita pikirkan. Sederhananya, apa yang kita yakini dalam pikiran kita, itulah yang akan menjadi kenyataan. Kita adalah hasil buah pikiran diri kita sendiri.

Ya, keyakinan adalah modal dasar kita menuju kesuksesan. Dengan sebuah keyakinan yang kuat, ditambah kerja keras, perjuangan pantang menyerah, keuletan, kedisplinan dalam memperjuangkan apa yang kita yakini tersebut, jalan menuju sukses pasti akan dapat kita raih. Keyakinan bahwa “success is our right!” yang sangat kuat membuat kita selalu mau berjuang keras untuk mewujudkan semua cita-cita yang kita mimpikan.

Memang tidak mudah meraih semua itu. Berbagai halangan dan tantangan, pasti akan menghadang. Namun, dengan sebuah keyakinan yang kuat, maka berbagai batu ujian dan cobaan justru akan menjadi batu loncatan yang mampu membuat kita dapat melompat lebih tinggi. Dengan keyakinan yang kuat, kita akan memperoleh energi yang luar biasa untuk dapat mengatasi semua masalah dan persoalan yang timbul dalam usaha meraih sukses.

Banyak sekali terpampang dihadapan kita kisah-kisah orang sukses yang merajai dunia dengan kegemilangan berbagai aspek yang mereka capai, lihatlah Bill Gates si Raja Microsoft walau drop out dari Yale University, tapi ia mampu menjadi raksasa software yang menguasai hampir seluruh pelosok dunia ini. Demikian juga kisah sukses Kentucky Fried Chicken yang counter-nya ada sampai kesetiap pelosok negeri padahal sebelum ia sukses menjual ayam gorengnya di sebuah resto kecil di kota Kentucky, Kolonel Sanders harus menempuh beratus kali kegagalan dalam memasarkan produknya.

Kita juga mengenal Hermawan Kertajaya seorang maestro marketing Indonesia yang dijuluki oleh Kopler sebagi si Asia’s Marketing Icon, sebuah julukan yang sangat membanggakan, padahal Hermawan kecil hanya berasal dari sebuah kampung kecil di Pulau Jawa. Lalu kita lihat Aa Gym (KH. Abdullah Gymnastiar), Da’i muda dengan pembawaan yang khas mampu menjadi icon penyejuk untuk beragam kalangan dari berbagai lapisan masyarakat yang heterogen bahkan dari kalangan berbeda agama sekalipun, sungguh sebuah prestasi yang luar biasa, padahal Aa Gymnastiar sempat Drop Out dari jurusan Electro Universitas Ahmad Yani Bandung, tapi karena semangat yang luar biasa ia telah mampu mendudukan dirinya menjadi tokoh besar negeri ini baik dibidang agama maupun bidang bisnis yang digarapnya. Kita juga mengenal tokoh Nasional Hidayat Nur Wahid, karirnya yang ia ukir dari seorang guru ngaji, presiden partai, hingga ketua MPR di Republik yang dihuni lebih dari 200 juta jiwa dengan berbagai keberhasilan yang ia torehkan selama masa jabatannya baik yang bersifat administrative, sikap dan etika politiknya yang khas yang membawa nuansa baru politik Indonesia, hingga catatan sejarah keberhasilannya memimpin MPR-RI. Dan, masih banyak lagi sederet tokoh lain dengan kisah-kisah sukses yang amat beragam, seperti Butet Kertaradjasa atau Kick Andy yang memiliki cita-cita mendirikan perpustakaan disetiap pelosok kota dan desa, seorang yang berasal dari kampung di wilayah Indonesia Timur yang jika sekolahpun hanya cukup bersandal jepit dan selalu kekurangan buku untuk belajar, kini ia menjadi agen perubahan dengan buku telah menjadi bumbu hariannya bahkan ia bisa menyumbangkan beratus-ratus jilid buku kepada setiap orang yang beruntung mendapatkannya dan kini, Andy sudah memiliki yayasan Kick Andy Foundation yang membantu para penyandang cacat untuk kembali bangkit, salah satunya dengan menghadiahkan kaki palsu bagi penyandang cacat buntung.

Semua contoh orang-orang sukses itu memiliki kunci yang sama walau dengan bentuk anak kunci yang berpariasi. Mereka memiliki keyakinan yang termat kuat untuk sukses melebihi keyakinan rata-rata orang pada umumnya.

Demikian halnya para ilmuan, teknokrat, engineer, dan para praktisi pabrikan. Siapapun kita, berhak untuk sukses seperti bahkan melebihi kisah-kisah sukses dari orang-orang yang pernah kita dengar atau baca sebelum ini. Tentu dengan syarat utama yaitu KEYAKINAN kuat bahwa kita bisa sukses sesuai mimpi yang kita patri dalam diri, ditambah bumbu kesabaran dalam menghadapi setiap rintangan yang pasti akan menerjang setiap langkah kita menuju sukses, tentu setiap bumbu sabar butuh kuah perbaikan, senantiasalah membuat perbaikan demi perbaikan dari setiap benturan yang menerpa kita, semakin kuat benturan yang menerpa semakin baik hasil perbaikan yang akan terjadi, sebab seseorang tidak akan jadi ahli tanpa pernah mencoba berulang kali, bukankah pepatah bugis mengatakan Setiap pelaut ulung tidaklah lahir dari laut yang tenang dan indah, melainkan ia hidup ditengah badai dan terpaan topan lautan yang ganas,

Oleh karena itu, mari kuatkan kembali keyakinan kita untuk mewujudkan semua impian besar yang telah kita tanamkan dalam diri kita masing-masing. Dengan begitu, kita akan dapat terus memupuk semangat terus maju, hingga apa yang kita cita-citakan menjadi kenyataan dihadapan kita. Karena kita yakin bahwa SUKSES adalah HAK KITA SEMUA.

 

Terinspirasi dari ceramah Andrie Wongso, sang pembelajar



Daftarkan di social page berikut (klik untuk submit):



Tuliskan komentar anda!

You must be logged in to post a comment.